Berita Terbaru

Uji Kekuatan Beton dengan Hammer Test Oleh Balai Pengujian dan Peralatan Semarang (BP2)

Untuk menjaga kualitas atau mutu beton, KH Beton selalu merencanakan kegiatan Tes Pemeriksaan berkala salah satunya yaitu Uji Hammer Test pada produk Saluran Beton Pracetak, atau biasa di sebut saluran U Ditch. Pemeriksaan produk ini dilakukan oleh Balai Pengujian Dan Peralatan (BP2) , yang merupakan salah satu unit pelayanan teknis DPU Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah.

Hammer test yaitu suatu alat pemeriksaan mutu beton tanpa merusak beton. Disamping itu dengan menggunakan metode ini akan diperoleh cukup banyak data dalam waktu yang relatif singkat dengan biaya murah.

Metode pengujian ini dilakukan dengan menggunakan memberikan beban intact (tumbukan) pada permukaan beton dengan menggunakan suatu massa yang diaktifkan dengan menggunakan energi yang besarnya tertentu. Jarak pantulan yang timbul dari massa tersebut padaa saat terjadi tumbukan dengan permukaan beton benda uji dapat memberikan indikasi kekerasan juga setelah dikalibrasi. Alat ini sangat berguna untuk mengetahui keseragaman material beton pada struktur, karena kesederhanaanya, pengujian menggunakan alat ini sangat cepat sehingga dapat mencakup area pengujian yang luas dalam waktu yang singkat.

  • Dipostkan pada tanggal

  • 18 April 2019

Share this article

Komentar

Tinggalkan Komentar Anda